Blog

Prinsip Kepemimpinan

Prinsip Kepemimpinan

Menurut anda, apa saja Prinsip Kepemimpinan yang digunakan saat ini? Kepemimpinan adalah soal hubungan. Hubungan antara pemimpin dan pengikut. Pemimpin mengarahkan, pengikut menjalankan. Pengikut memberikan umpan balik dan pemimpin memberikan respon. Pahami dengan baik prinsip kepemimpinan yang satu ini. Hubungan timbal balik, artinya hubungan dua arah, bukan satu arah.

Pada dasarnya keberhasilan seorang pemimpin bukan hanya terletak kepada kemampuan individunya saja namun meliputi semua unsur pendukung termasuk peran bawahan yang dipimpinnya. Pemimpin yang baik tidak hanya memperhatikan tujuan utama dari organisasi yang dia pimpin, namun juga selalu memperhatikan bawahannya.

Seperti yang tertuang dalam tiga prinsip kepemimpinan di bawah ini, antara lain yaitu :

  1. Seorang pemimpin memberikan teladan yang baik bagi bawahan. Bertindak dan bertutur kata yang bisa memberikan contoh yang baik yang bisa merangsang para bawahan untuk bersikap seperti pemimpinnya.
  2. Seorang pemimpin bisa bekerja sama dengan bawahan. Sehingga semua pekerjaan yang dilakukan akan terasa mudah atau ringan, dan akan makin mempererat hubungan antara bawahan dan pimpinan, namun tidak melanggar etika jalur kepemimpinan.
  3. Seorang pemimpin perlu memberi kesempatan kepada bawahan untuk maju. Beri bawahan ilmu-ilmu dan bekal-bekal yang akan menambah wawasan dan kepintaran mereka. Janganlah mempunyai pikiran takut tersaingi, berilah kesempatan bawahan anda untuk maju. Seandainya atasan tidak ada, maka ada bawahan yang mampu untuk menghandle. Dan bila pimpinannya cerdas, bawahannya pintar lalu dikelola dengan baik, maka tujuan dari kelompok akan tercapai.

Inilah tiga prinsip kepemimpinan yang sering digunakan pemimpin disaat kerja. Pemimpin visioner itu seperti apa? Simak bahasannya disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *