CR Consulting
Pengertian Kepemimpinan
Pengertian Kepemimpinan

 Pada dasarnya, Pengertian Kepemimpinan mempunyai arti yang berbeda-beda semua, tergantung pada sudut pandang orang masing-masing. Namun secara umum, Pengertian Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin, kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi.

Cara mempelajari kepemimpinan itu sendiri adalah: “melakukannya dalam kerja” dengan praktik, seperti pemagangan pada seorang seniman ahli, pengrajin, atau praktisi. Dalam hubungan ini sang ahli diharapkan sebagai bagian dari peranya memberikan pengajaran/instruksi.

Kebanyakan orang masih cenderung mengatakan, bahwa pemimipin yang efektif mempunyai sifat atau ciri-ciri tertentu yang sangat penting. Misalnya, kharisma, pandangan ke depan, daya persuasi, dan intensitas. Dan memang, apabila kita berpikir tentang pemimpin yang heroik seperti Napoleon, Washington, Lincoln, Churcill, Sukarno, Jenderal Sudirman, dan sebagainya, kita harus mengakui bahwa sifat-sifat seperti itu melekat pada diri mereka dan telah mereka manfaatkan untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan.

Pernah membaca atau mendengar tentang sebuah acara di MTV yang sangat terkenal? Klik disini

Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kepemimpinan dapat berperan dengan baik, antara lain yaitu :

  • Dasar utama dalam efektivitas kepemimpinan, bukan pengangkatan atau penunjukannya, melainkan penerimaan orang lain terhadap kepemimpinan yang bersangkutan.
  • Efektivitas kepemimpinan tercermin dari kemampuannya untuk tumbuh dan berkembang.
  • Efektivitas kepemimpinan menuntut kemahiran untuk “membaca” situasi.
  • Perilaku seseorang tidak terbentuk begitu saja, melainkan melalui pertumbuhan dan perkembangan.
  • Kehidupan organisasi yang dinamis dan serasi dapat tercipta, bila setiap anggota mau menyesuaikan cara berfikir dan bertindaknya untuk mencapai tujuan organisasi.