Blog

Pemimpin Dan Kepemimpinan

Pemimpin Dan Kepemimpinan

Pemimpin Dan Kepemimpinan

Pemimpin Dan KepemimpinanPada Dasarnya Pemimpin dan Kepemimpinan merupakan dua elemen yang saling berkaitan. Artinya, kepemimpinan (style of the leader) merupakan cerminan dari karakter/perilaku pemimpinnya (leader behavior).

Arti Pemimpin itu sendiri adalah orang dengan Ketrampilan Mempengaruhi, Memotivasi, Menginspirasi atau Membujuk orang lain dan pada akhirnya menjadikan mereka sebagai Pengikut.  Pemimpin adalah orang yang mampu membawa Perubahan, terlepas hal tersebut Positif atau Negatif.

Sedangkan untuk arti dari kepemimpin sendiri ada beberapa pendapat yang telah di berikan oleh para ahli, antara lain yaitu :

  • Kepemimpinan adalah kegiatan dalam mempengaruhi orang lain untuk bekerja keras dengan penuh kemauan untuk tujuan kelompok (George P Terry).
  • Kepemimpinan adalah kegiatan mempengaruhi orang lain agar ikut serta dalam mencapai tujuan umum (H.Koontz dan C. O’Donnell).
  • Kepemimpinan sebagai pengaruh antar pribadi yang terjadi pada suatu keadaan dan diarahkan melalui proses komunikasi ke arah tercapainya sesuatu tujuan (R. Tannenbaum, Irving R, F. Massarik).
  • Kepemimpinan adalah peningkatan pengaruh sedikit demi sedikit pada dan berada di atas kepatuhan mekanis terhadap pengarahan-pengarahan rutin organisasi (Katz dan Kahn).
  • Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi aktivitas-aktivitas sebuah kelompok yang diorganisasi ke arah pencapaian tujuan (Rauch dan Behling).
  • Kepemimpinan adalah proses memberi arti terhadap usaha kolektif yang mengakibatkan kesediaan untuk melakukan usaha yang diinginkan untuk mencapai sasaran (Jacobs dan Jacques).
  • Kepemimpinan adalah sesuatu yang melekat pada diri seorang pemimpin yang berupa sifat-sifat tertentu seperti kepribadian, kemampuan, dan kesanggupan.
  • Kepemimpinan adalah serangkaian kegiatan pemimpin yang tidak dapat dipisahkan dengan kedudukan serta gaya atau perilaku pemimpin itu sendiri.
  • Kepemimpinan adalah proses antar hubungan atau interaksi antara pemimpin, bawahan dan situasi.

Pemimpin juga perlu mempunyai semboyan ini: “Hidupmu Tanggung Jawabmu”, klik link ini untuk mengetahuinya.

Like us on Facebook: https://www.facebook.com/cicikresti
Follow us on Twitter: https://twitter.com/cicikresti
Follow us on LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/cicikresticonsulting/
Subscribe di  Cicik Resti Official Youtube Channel: https://www.youtube.com/user/cicikresti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *