Blog

Mengambil Tanggung Jawab

mengambil tanggung jawab - CRC Leadership Training

Langkah pertama dalam mengubah hidup anda adalah mengambil tanggung jawab atas posisi anda sekarang. Ketahuilah bahwa anda adalah satu-satunya orang yang dapat mengubah hidup anda, dan tidak ada orang lain yang dapat melakukannya untuk anda.

Buat Pilihan yang Tepat

Bertanggung jawab adalah seperti mengakui bahwa anda memiliki kemampuan untuk merespons peristiwa yang terjadi. Anda tidak dapat mengendalikan apa yang kehidupan memberi kepada anda. Yang dapat anda kendalikan adalah pilihan yang anda buat sebagai respons. Ini juga berarti bahwa anda memiliki tanggung jawab untuk membuat pilihan terbaik yang anda bisa, dan terus belajar sehingga anda memperluas jangkauan pilihan yang tersedia untuk anda. Semakin banyak kemampuan yang anda miliki, semakin mudah untuk membuat pilihan yang tepat dalam situasi apa pun.

Apakah itu berarti anda harus melakukan semuanya sendiri, tanpa bantuan dari luar? Tidak – ada beberapa tujuan yang hanya dapat anda capai melalui bekerja dengan orang lain. anda tidak dapat membuat orang lain membantu anda – tetapi anda dapat memengaruhi dan menginspirasi mereka untuk ingin membantu anda dalam mencapai tujuan anda.

Jangan menyalahkan diri sendiri

Mengambil tanggung jawab tidak sama dengan menyalahkan diri sendiri, atau orang lain, atas apa pun yang salah sampai sekarang. Setiap orang (termasuk anda) membuat pilihan terbaik sesuai dengan cara mereka memandang dunia pada saat itu. Tidak masuk akal untuk merasa bersalah tentang hal-hal yang telah anda lakukan di masa lalu, karena pada saat itu anda melakukan yang terbaik yang anda bisa.

Pikirkan Feedback, bukan Kegagalan

Ketika anda tidak segera mendapatkan hasil yang anda inginkan, anda punya pilihan tentang bagaimana anda melihat hasil itu. Salah satu cara untuk memandang berbagai hal kemungkinan akan membawa kita lebih banyak hasil buruk; yang lain, bagaimanapun, memberi kita kesempatan untuk belajar dari kesalahan sehingga kita tidak mengulanginya. Kita dapat menilai hasil yang tidak kita sukai sebagai informasi “kegagalan” atau “feedback” yang memungkinkan kita untuk memperbaiki keadaan kita. Mana yang akan anda pilih?

Belajarlah untuk Menilai Hasil Anda

Jika anda terbiasa menganggap diri anda sebagai sebuah kegagalan, anda membuat lingkaran setan yang  sulit dipatahkan. Namun, jika anda mengambil semua hasil anda positif atau negatif sebagai feedback, anda sedang menyiapkan rantai peristiwa yang progresif: yang dapat anda pelajari.

Sebab dan akibat

Banyak orang menempatkan diri mereka pada efek akhir dari sebuah spektrum. Mereka merasa bahwa emosi mereka terjadi begitu saja pada mereka, atau disebabkan oleh orang lain. anda dapat mendengar petunjuk tentang cara orang berpikir dalam kata-kata yang mereka pilih untuk mengekspresikan diri:

• Dia mengecewakan saya

• Dia membuat saya marah

• Lalu lintas yang macet ini benar-benar membuat saya bingung!

Dengan cara berpikir seperti ini, mereka menyerahkan kekuasaan atas perasaan mereka kepada orang lain atau bahkan pada benda mati daripada mengambil alih perasaan mereka dan menggunakannya untuk memberi efek positif. Mereka mengatakan bahwa apa yang mereka rasakan, dan bahkan apa yang mereka lakukan, berada di luar kendali mereka. Apakah ini yang anda inginkan? Kendalikan diri anda sendiri.

Fokus pada Saat Ini

Ketika anda memutuskan untuk menempatkan diri anda di akhir spektrum, semuanya berubah. Anda akan percaya, bahwa masalah apa pun dapat diselesaikan, dan anda lebih fokus pada apa yang anda inginkan daripada pada apa yang tidak anda lakukan. Ketika masalah muncul, daripada bertanya “Mengapa ini terjadi padaku?” (Pertanyaan yang memfokuskan perhatian pada masa lalu), anda bertanya hal-hal seperti:

• Apa yang sedang terjadi di sini?

• Apa yang bisa saya lakukan untuk mengubahnya?

• Apa yang ingin saya wujudkan sebagai gantinya?

Pertanyaan-pertanyaan ini menempatkan perhatian anda pada masa kini dan masa depan sebagai fokus yang lebih bermanfaat daripada masa lalu jika anda ingin berubah.

Semoga beberrapa tips mengambil tanggung jawab ini bisa membantu anda untuk menjadi lebih efektif. Silahkan baca tips-tips lain disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *