Blog

Langkah Langkah Menentukan Tujuan Yang Tepat

Adalah penting bahwa anda mendorong orang untuk menentukan tujuan mereka sendiri. Tujuan memberikan arahan dan motivasi, dan bertindak sebagai dukungan pada saat ketika segala sesuatu tidak berjalan seperti yang anda inginkan.

Ketahui Apa yang Anda Inginkan

Apa yang memotivasi seseorang mungkin tidak bisa memotivasi orang lain. Beberapa individu termotivasi oleh satu tujuan besar, sedangkan yang lain membutuhkan tujuan kecil.

Anda perlu mendorong orang untuk menentukan tujuan untuk jangka pendek (harian / mingguan), jangka menengah (bulanan / tahunan), dan jangka panjang (dekade / masa hidup).

Banyak orang gagal menentukan atau fokus pada tujuan. Ini disebabkan oleh kurangnya arahan dan motivasi yang rendah.

Alasan kegagalan yang umum dilakukan dalam menentukan tujuan adalah kurangnya pengetahuan, kemalasan, ketakutan akan kegagalan, dan kurangnya fokus.

Penentuan tujuan sangat penting untuk mempertahankan motivasi dan harus selalu selaras dengan nilai dan keyakinan anda.

Tetapkan Tujuan Yang Bisa Tercapai

Ketika bekerja dengan orang lain, ajukan sepuluh pertanyaan ini untuk memastikan bahwa tujuan mereka akan memotivasi mereka, dan efektif.

  1. Apa sebenarnya yang anda inginkan?
  2. Di mana anda saat ini sehubungan dengan tujuan anda?
  3. Bagaimana anda bisa tahu kapan anda mencapainya?
  4. Apa yang akan anda lihat / dengar / rasakan / ketika anda mencapai tujuan ini?
  5. Mengapa ini sangat penting bagi anda?
  6. Apa yang akan capai bisa berdampak untuk anda?
  7. Di mana, kapan, bagaimana, dan dengan siapa anda ingin mencapai tujuan anda?
  8. Sumber daya apa yang anda butuhkan untuk mencapai hasil ini?
  9. Apa yang akan berbeda sebagai hasil dari pencapaian tujuan anda?
  10. Apakah anda percaya bahwa anda dapat mencapai tujuan anda?

Meraih Tujuan Anda

Menggunakan gambaran adalah bagian penting dalam menetukan tujuan yang sukses. Dengan memvisualisasikan dengan jelas, otak anda akan dapat “mengalami” pencapaian tujuan anda sebelum anda mencapainya. Ulangi sesering mungkin latihan ini:

  • Pilih satu tujuan dari bidang kehidupan anda. Gambarkan secara detail.
  • Bayangkan anda melangkah ke dalam gambar dan benar-benar mengalami pencapaian tujuan itu. Perhatikan bagaimana rasanya, apa yang anda lihat, dengar, dan pikirkan. Perhatikan bagaimana orang lain memperlakukan anda.
  • Lihatlah masa depan di luar pencapaian tujuan anda. Bagaimana mencapai tujuan ini, apakah bermanfaat bagi semua bidang kehidupan anda?
  • Lihat kembali masa lalu dan perjalanan kehidupan anda, untuk mencapai tujuan anda. Catat keberhasilan anda dan hambatan yang anda berhasil atasi. Perhatikan betapa berbedanya mereka sekarang, karena anda telah mengatasinya. Hargai apa yang anda rasakan tentang prestasi anda.
  • Bayangkan diri anda berjalan mundur dari pencapaian nanti di masa depan anda, hingga saat ini. Perhatikan sumber daya apa yang anda butuhkan, dan apa yang anda pelajari dari langkah-langkah spesifik yang anda ambil untuk membantu anda sepanjang jalan.
  • Dari sekarang, lihat tujuan anda dan hargai perjalanan ini. Petakan langkah-langkah utama dari perjalanan dan sumber daya yang anda butuhkan saat ini.

Inilah beberapa langkah untuk anda menentukan tujuan anda. Untuk membaca artikel tentang “Cara Mengatasi Stres dengan Menggunakan Analisis SWOT”, klik tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *