Mendorong Kreatifitas Dalam Team

Mendorong Kreatifitas Dalam Team:

Mendorong Kreatifitas Dalam Team
Mendorong Kreatifitas Dalam Team

Kreatifitas adalah sebuah dorongan dan semangat untuk bisa mencapai sesuatu yang lebih baik, bukan tentang mengalahkan atau menyalahkan sesuatu. Sebagaimana yang dikatakan Steve Jobs bahwa kreatifitas adalah tentang menghubungkan beberapa hal. Kalau anda tanyakan pada orang kreatif bagaimana mereka melakukannya, mereka tidak menciptaannya, mereka hanya melihat potongan dan kemudian menghubungkannya menjadi sesuatu yang baru.

Sebagai pemimpin anda harus bisa kreatif menciptakan suasana yang mendukung, sehingga team mampu untuk mengembangkan kreatifitasnya. Team yang kreatif akan mampu menjawab banyak tantangan. Mereka tidak takut pada perubahan karena mereka adalah bagian dari perubahan itu sendiri. Jadi Kreatifitas adalah salah satu kunci kesuksesan yang perlu anda tumbuhkan didalam team anda.

Berikut adalah cara untuk bisa mendorong kreatifitas dalam team:

  1. Menghargai kreatifitas; cara anda menghargai bisa bermacam-macam. Yang paling penting adalah bagaimana anda melihat secara serius saran yang disampaikan sehingga mereka semangat untuk terus memberikan ide perbaikan dari sebelumnya. Untuk memulainya, anda bisa mencoba melakukan project kecil. Seperti misalnya membuat sebuah “kompetisi” bagaimana membuat proses kerja lebih efektif.
  2. Mendukung Kreatifitas: Team anda mungkin saja enggan untuk mengambil resiko. Salah satu alasan kenapa team anda senang bermain aman karena mereka takut bahwa jalan keluar atau ide baru akan berakibat salah. Menciptakan budaya kreatif memang memakan waktu, meskipun demikian anda harus memulai dari sekarang. Mulailah dengan hal kecil terlebih dahulu, tetapi pada saat yang sama, anda harus terbuka untuk ide baru yang mungkin bertolak belakang dengan sudut pandang anda.

Program Creative Thinking & Trouble Shooting ini  bisa sangat mendukung kreatifitas team kerja anda.

 

  1. Menciptakan suasana kerja yang positif; Terkadang suasana kerja yang terlalu serius dapat menghalangi kreatifitas. Suasana kerja yang menyenangkan dan mendukung mampu memberikan inspirasi bagi team berpikir lebih baik, mengeluarkan pendapat lebih banyak dan mengembangkan ide dengan bebas. Semangat dan energi tinggi yang positif dalam team dapat mendorong suasana hati yang positif dalam mengeluarkan ide dan gagasan baru.

Semua orang memiliki potensi sebagai orang kreatif. Adalah tanggung jawab kita sebagai pemimpin untuk mendorong dan mendukung, sehingga potensi itu bisa dirubah menjadi produktifitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *