Blog

Mendengarkan dengan baik

Mendengarkan-dengan-baik-cicik-resti

Mendengarkan dengan baik

Mendengarkan dengan baik: Kata “komunikasi” berasal dari ide berbagi atau berdiskusi, dengan orang lain. Komunikator yang hebat tahu bahwa mendengarkan dengan baik adalah salah satu senjata utama dalam gudang mereka.

Tingkatkan keterampilan mendengarkan anda

Mendengarkan dengan baik adalah apa yang memungkinkan anda untuk berbicara dengan orang lain dengan cara mereka sendiri, untuk membangun jembatan, dan untuk membantu orang merasa bahwa mereka didengar dan bahwa apa yang anda usulkan itu baik untuk mereka maupun untuk anda.
Namun, tidak ada yang benar-benar mengajari kita untuk mendengarkan. Ini adalah keterampilan yang kita anggap dimiliki secara alami, tetapi beberapa keterampilan alami lebih baik daripada yang lain, dan selalu ada ruang untuk perbaikan.

Belajar mendengarkan

Kita dapat berbicara dengan kecepatan lebih dari 100 kata per menit, tetapi kita dapat mendengarkan lebih dari dua kali kecepatan itu.

Ini berarti bahwa sering kali ada godaan bagi otak kita untuk melakukan hal-hal lain bersamaan dengan mendengarkan. Kita mungkin berpikir atau mengatakan bahwa kita mendengarkan, namun kita lebih sering memikirkan untuk diri sendiri, menjadi terganggu, khawatir, atau melamun. Yang terburuk, kita menyela orang ketika mereka berbicara, atau melompat dan menyelesaikan kalimat mereka. Cara seperti itu menunjukkan bahwa anda tidak memiliki waktu atau kesabaran untuk mendengarkan seseorang. Ini berarti bahwa anda tidak akan pernah benar-benar mendengar apa yang dikatakan lawan bicara anda dan mungkin memberi isyarat kepadanya bahwa anda tidak menganggapnya pantas untuk didengarkan. Separah itukah?

Tips mendengarkan dengan baik

Ada beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk menjadi pendengar yang lebih baik dengan segera. Beberapa tips ini mengharuskan anda untuk menggunakan seluruh tubuh anda, bukan hanya telinga dan otak anda.

  • Buat orang yang anda dengarkan fokus kepada anda. Hentikan semua yang anda lakukan.
  • Matikan ponsel anda jika anda mendengarkan pembicaraan dalam grup, .
  • Hadapi orang yang anda dengarkan; jika perlu geser posisi tubuh anda.
  • Dengarkan baik-baik kata-katanya tetapi jangan mengabaikan emosi dan perasaan di balik kata-katanya. Kata-kata yang kuat bisa menutupi perasaan yang lemah dan sebaliknya.
  • Waspadai prasangka atau asumsi yang mungkin memengaruhi anda mendengarkan.
  • Mengakui dan mengonfirmasi pesan dengan menguraikan degan kata sendiri dan mengulangi poin-poin penting (ini adalah cara yang efektif untuk membantu anda mendengarkan dengan penuh perhatian).

Pastikan anda mempertahankan kontak mata selama proses pembicaraan. Jangan hanya melakukan kontak mata saat mendengarkan lalu memutuskannya saat anda berbicara. Jelaskan kepada mereka yang ingin berbicara dengan anda, bahwa anda telah meluangkan waktu anda khusus untuk mereka. Jika anda kemungkinan dipanggil, atau kehabisan waktu, katakan dengan jelas sebelum itu terjadi.

Anda perlu goal setting dalam karir atau hidup anda? Silahkan baca 8 tips ini !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *