Blog

Bagaimana Melakukan Manajemen Sumber Daya Manusia

Bagaimana Melakukan Manajemen Sumber Daya Manusia
Bagaimana Melakukan Manajemen Sumber Daya Manusia
Bagaimana Melakukan Manajemen Sumber Daya Manusia

Kalau kita bicara tentang bagaimana memanage team itu berarti kita bicara tentang manajemen sumber daya manusia. Manajemen sumber daya manusia artinya kita berbicara lebih dari sekedar hanya melakukan sebuah pekerjaan. Berhubungan dengan manusia adalah berhubungan dengan pribadi/karakter dan juga cara bekerja yang berbeda setiap saat. Itu berarti kita harus mampu bertindak dengan cepat dan pintar. Semakin tinggi kemampuan kita maka semakin cepat dan mudah bagi team untuk bisa mencapai target yang telah ditetapkan.

Pada dasarnya management adalah bagaimana kita memastikan apa yang harus dilakukan team agar berhasil mencapai tujuan seperti yang telah ditetapkan. Tujuan utama dari management dan leadership adalah untuk bagaimana memberikan arahan, memfasilitasi perubahan dan upaya mencapai hasil secara efisien, kreatif dan bertanggung jawab.

Berikut adalah tips sederhana bagaimana seorang pemimpin dapat memimpin dan memanage sumber daya manusia, yaitu teamnya secara pintar;

  1. Pahami Team: kedengarannya klise, tetapi adalah sangat penting untuk memahami kekuatan dan kelemahan setiap individu dalam team kita. Memperlakukan semua orang sama adalah salah besar, karena memang semua orang tidak sama. Ada satu hal yang harus kita camkan, yaitu meskipun kita memahami kekuatan dan kelemahannya, tetapi kita tidak boleh memberikan label atau batasan atas apa yang mungkin dan bisa mereka lakukan. Tujuan untuk memahami team adalah supaya kita bisa dengan mudah mengembangkannya. Mengembangkan manusia dibutuhkan kepercayaan dan keyakinan bahwa mereka bisa melakukannya. Artinya fokus kita dalam mengembangkan team adalah bagaimana kita fokus pada kekuatan dan melihat kemungkinan yang bisa dilakukan untuk bisa membuat mereka menjadi yang terbaik yang bisa mereka lakukan.


Program Team Building ini akan membantu anda dalam mencapai gol perusahaan anda.

  1. Mudah untuk ditemui: Pemimpin sangat tidak boleh mengisolasi dan memisahkan diri dari team. Letak pemimpin adalah ditengah teamnya. Memang benar bahwa terkadang beban kerja yang besar telah membuat kita asyik dengan pekerjaan kita sendiri. Memberikan kesan pemimpin seperti hidup di menara gading justru sangat merugikan kepemimpinan anda. Team adalah yang utama, karena keberhasilan anda sebagai pemimpin ditentukan oleh keberhasilan kerja team anda. Pastikan anda memiliki waktu untuk mereka meskipun sebentar. Paling tidak mereka bisa merasakan keberadaan anda.
  2. Menjadilah contoh: Seorang pemimpin harus bisa menjadi contoh bagi teamnya dalam tindakan nyata kepemimpinannya. Tindakan kita berbicara lebih keras daripada kata-kata kita. Mereka akan melihat apakah yang kita katakan, kita jalankan. Tunjukkan dan mereka akan mengikuti. Kredibilitas seorang pemimpin dilihat dari bagaimana dia menghidupkan nilai dalam sikap dan tindakan nyata.

Sebagaimana fungsi seorang manager, kemampuan yang selalu dituntut dari anda adalah bagaimana dapat memaksimalkan potensi setiap individu sehingga mereka bisa menjadi yang terbaik dalam memberikan kontribusi bagi pencapaian tujuan organisasi.