Blog

Proses pembelajaran bagaimana Management Team secara Efektif

Proses pembelajaran bagaimana Management Team secara Efektif
Proses pembelajaran bagaimana Management Team secara Efektif
Proses pembelajaran bagaimana Management Team secara Efektif

Management Team secara Efektif.
Sebenarnya apakah yang bisa membuat seseorang menjadi pemimpin yang baik?. Sebuah pertanyaan sederhana yang kemudian bukan lagi sederhana saat kita melihat.

Semua orang dalam sebuah organisasi senang dan mau dipimpin oleh pemimpin yang hebat. Untuk menjadi pemimpin yang hebat, kita harus menguasai banyak skill dengan berbagai sudut pemahaman. Saya katakan bahwa ini adalah skill artinya anda tidak akan tiba-tiba menjadi pemimpin yang hebat hanya karena anda melalui banyak proses pembelajaran dan banyak mengikuti training leadership. Skill menjadi kuat dan baik karena latihan.

Tidak ada rahasia dalam kepemimpinan, semua bisa dipelajari oleh siapa saja dan bisa diterapkan juga. Bedanya adalah beberapa manager menerapkan dan beberapa diantaranya hanya mengetahuinya saja. Berikut adalah 3 skill yang paling banyak dimiliki dan diterapkan oleh para manager yang sukses;

  1. Memberi Inspirasi; Anda tidak bisa mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu yang anda tidak meyakininya. Semua orang ingin merasa berarti dan penting untuk peran sertanya dalam menciptakan sesuatu. Bagaimana anda dapat mempengaruhi dan meyakinkan team tentang tujuan besar di depan dan bagaimana peran dan kontribusi mereka sangat berarti dalam menciptakan tujuan besar tersebut. Energi, semangat dan kepercayaan diri anda sebagai pemimpin dalam mempengaruhi dan memotivasi team adalah kunci utama bagi team untuk memberikan yang terbaik.
  2. Komunikasi: Sekali lagi tentang komunikasi dan selalu berlaku bahwa komunikasi adalah fondasi bagi hubungan apapun. Semua pemimpin yang hebat tahu bahwa memimpin team bukan tentang sekali jalan atau jalan satu arah saja. Memanage team adalah tentang komunikasi dua arah dan harus dilakukan secara konsisten dan terus menerus. Menempatkan team penting bukan hanya tentang mendengarkan masalah dan kesulitan mereka saja. Mendengarkan mereka sama pentingnya dengan meminta pendapat dan masukan mereka. Menempatkan team sebagai rekan kerja dan bukan sebagai bawahan. Memang benar bahwa manager harus memahami banyak aspek kerja yang dilakukannya. Tetapi mendengarkan mereka dan melakukan komunikasi secara regular akan membantu kita memahami dan mendapatkan masukan yang sering kali sangat berharga untuk kemajuan oraganisasi.

Jika ingin lebih tahu tentang Effective Communication & Interpersonal Skill, klik DISINI.

  1. Dukungan dan Fasilitas; pemimpin harus bisa menciptakan kondisi dimana semua orang dalam teamnya merasa aman dan senang untuk berbicara dan menyampaikan pendapat. Sebagian besar manager justru memberikan hukuman pada team yang memiliki inisiatif mengambil resiko dan salah. Seharusnya manager membantu team untuk memahami kesalahannya dan bagaimana cara memperbaiki dan menjadi lebih baik kedepannya nanti. Pemimpin yang sukses adalah mereka yang mampu membuka jalan dan memberikan dukungan bagi teamnya untuk bisa mengembangkan dirinya dan mecapai tujuannya.

 

Meskipun pemimpin membuka luas kemudahan bagi team untuk berkembang , pemimpin juga harus ada dan bertanggung jawab untuk siap membantu dan mendukung saat dibutuhkan. Begitulah seharusnya seorang pemimpin bersikap. Ini adalah 3 skill untuk Management Team secara Efektif.

Semoga bermanfaat.