Blog

Kekuatan Fokus

kekuatan-fokus - CRC Leadership Training

Kekuatan fokus adalah skill yang perlu anda mengasah. Dengan mengembangkan kemampuan anda untuk fokus, anda akan dapat meningkatkan motivasi, produktivitas, dan kreativitas anda.

Gunakan Kekuatan Fokus Anda untuk Tetap Termotivasi

Fokus didefinisikan sebagai pusat minat atau aktivitas, dan definisi yang jelas. Orang yang memiliki kejelasan fokus tahu apa yang mereka inginkan dan dapat tetap termotivasi, terlepas dari peristiwa atau keadaan eksternal. Setiap orang mampu fokus dengan sempurna. Masalahnya bukanlah ketidakmampuan untuk fokus, lebih pada ketidakmampuan untuk fokus pada apa yang anda inginkan. Dengan mengendalikan fokus mental anda, anda akan mendapatkan lebih banyak hasil yang anda inginkan. Dengan membantu orang lain untuk fokus, anda dapat meningkatkan hasil, semangat, dan, pada akhirnya, produktivitas mereka.

Tingkatkan Fokus Anda

Untuk mencapai focus, biasanya akan membutuhkan banyak latihan. Anda harus berusaha bekerja secara sadar untuk meningkatkan focus, ketika anda terlibat dalam tugas-tugas yang tidak selalu menarik minat anda. Misalnya, jika anda menemukan bahwa aspek administratif dari pekerjaan anda tidak menarik perhatian anda, cobalah menjernihkan pikiran anda dari hal-hal lain, dan fokus pada pentingnya apa yang anda lakukan. Cek diri anda secara berkala untuk mengetahui apakah, dan sampai sejauh mana, kemampuan anda untuk fokus telah meningkat – apakah masih ada beberapa area yang membutuhkan pekerjaan lebih banyak?

Fokus pada Keberhasilan

Dengan belajar fokus pada solusi yang anda inginkan, anda akan mencapai hasil yang lebih baik. Orang yang mempunyai motivasi yang baik, selalu fokus untuk mendapatkan hasil yang mereka inginkan. Mereka kemudian memilih tindakan yang tepat yang akan memaksimalkan kemungkinan untuk mencapai hasil yang mereka inginkan.

Bertindak – Jangan Bereaksi

Kebanyakan orang menghabiskan sebagian besar waktu dan energi mereka untuk memikirkan dan bertindak atas masalah, tantangan, dan masalah – mereka bereaksi terhadap situasi. Dengan terus-menerus berfokus pada masalah, mereka menambah kesulitan dan memperkuat efek negatifnya. Jika anda belajar untuk mengubah fokus anda sehingga anda bisa berkonsentrasi pada hasil positif dari aktivitas apa pun yang anda lakukan, anda akan segera menemukan bahwa anda benar-benar bisa mencapai hasil yang anda inginkan.

Langkah Menuju Keberhasilan

Saat memotivasi individu, anda akan selalu menghadapi tantangan dan masalah. Kekuatan fokus anda akan menentukan cara anda bertindak dan hasil yang akan anda dapatkan. Strategi enam langkah ini akan membantu Anda untuk fokus pada keberhasilan.

  1. Mengakui masalahnya. Langkah pertama untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan adalah mengakui bahwa ada masalah.
  2. Pertimbangkan jawaban atau reaksi anda saat ini terhadap peristiwa tersebut. Bagaimana pendapat dan perasaan anda tentang peristiwa atau tantangan ini?
  3. Apa hasil yang biasa didapatkan dari situasi ini? Ini biasanya sangat mudah diprediksi, karena tindakan yang sama diulang dalam menanggapi peristiwa atau situasi yang sama biasanya akan membawa hasil yang sama.
  4. Apa konsekuensi dari hasil ini untuk anda? Apa artinya bagi motivasi Anda? Apa artinya bagi motivasi tim Anda? Apa akibatnya bagi organisasi Anda?
  5. Hasil apa yang ingin anda capai? Anda tidak dapat melakukan apa pun tentang peristiwa yang telah terjadi, tetapi anda dapat fokus pada hasil yang berbeda dengan peristiwa serupa.
  6. Rencanakan tindakan anda, sehingga tindakan itu mengarahkan anda ke hasil yang anda inginkan. Pilihlah dengan tepat dan luangkan waktu untuk memvisualisasikan diri anda menjawab peristiwa serupa di masa depan, dengan tindakan baru dan berbeda untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Masih banyak tips-tips yang anda bisa baca untuk mengembangkan diri dengan klik link ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *