Karakteristik Kepemimpinan

Karakteristik Kepemimpinan

Karakteristik Kepemimpinan
Karakteristik Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi.

Apakah Anda dilahirkan dengan kualitas kepemimpinan atau dapatkah anda memilikinya dengan belajar dan meniru? Kepemimpinan dapat diajarkan dan bahkan dicontoh setelah orang tahu dan kagum.

Namun pemimpin besar berasal dari suatu karakter dan disiplin menjadi jenis orang yang dihargai dan dikagumi orang. Pemimpin besar punya legalitas yang jauh lebih bagus daripada yang dimiliki orang yang dipimpin. Ketrampilan pemimpin besar adalah memotivasi orang menjadi pemimpin sendiri.

Berikut ini ada lima karakteristik kepemimpinan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin , antara lain yaitu :

  1. Pemimpin mempunyai hati yang peka terhadap lingkungannya, bisa mendengarkan saran-saran dan nasehat dari orang-orang di sekitarnya.
  2. Pemimpin menjadi teladan dalam lingkungannya.
  3. Pemimpin bersikap dan bersifat setia kepada janjinya, kepada organisasinya.
  4. Pemimpin mampu mengambil keputusan.
  5. Mempunyai kemampuan untuk meyakinkan orang lain, pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang dapat menggunakan keterampilan komunikasi dan pengaruhnya untuk meyakinkan orang lain terhadap sudut pandangnya serta mengarahkan mereka pada tanggung jawab total terhadap sudut pandang tersebut

Berdasarkan uraian-uraian tentang karakteristik kepemimpinan tersebut, dapat dinyatakan bahwa pemimpin memiliki keahlian dan kemampuan yang lebih baik dibandingkan orang-orang yang dipimpin. Keahlian ini terlihat dari perilaku yang tercermin dalam setiap tindakan.

Ingin tahu mengenai awal mula sebuah kegagalan? Klik link ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *