Blog

Goal setting: 8 tips yang perlu anda lakukan

goal setting

Goal setting (atau penetapan tujuan) adalah cara yang bagus untuk membantu anda mencapai tujuan dalam bidang apa pun dalam hidup anda. Anda dapat menetapkan sendiri tujuan untuk membantu anda menyelesaikan apa pun, dari tugas terkecil hingga proyek besar, mencakup rentang waktu yang sangat berbeda, dan tujuan anda bisa juga bersifat pribadi atau melibatkan banyak orang. Dan ingat, anda dapat menetapkan tujuan kapan saja, tidak hanya di momen special saja seperti awal tahun!

Mengetahui cara menetapkan tujuan secara efektif membantu anda mewujudkan perubahan yang diinginkan dalam hidup anda.

Menjadi termotivasi untuk mencapai tujuan anda memainkan peran besar dalam keberhasilan perusahaan anda. Motivasi dapat ditingkatkan dengan memastikan bahwa tujuan anda didefinisikan dengan jelas. Berikut ini beberapa 8 tips untuk membantu anda dalam pembuatan goal setting:

  1. Nyatakan goal anda dengan positif. Apa yang saya inginkan? Apa yang akan saya lakukan? Misalnya: goal ‘Tujuan saya adalah pergi ke gym setiap hari jumat’; ’bukan goal Tujuan saya adalah berhenti menjadi gemuk.’
  2. Tetapkan konteks tujuan anda. Kapan, dimana, dan dengan siapa anda ingin mencapai tujuan anda? Apakah orang lain terhubung dengan tujuan anda?
  3. Tuliskan tujuan anda. Menulis memungkinkan anda untuk mendefinisikan kembali tujuan anda dan membuatnya lebih spesifik, menetapkan tujuan anda dengan kuat dalam kesadaran anda.
  4. Pastikan anda memiliki keterampilan yang diperlukan. Anda harus dapat memulai dan mengikuti tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan anda. Apakah anda perlu mendapatkan keterampilan atau sumber daya dari orang lain, atau perlu anda membeli buku?
  5. Apakah anda punya waktu dan energi untuk mencapai tujuan anda? Apakah tujuan anda sesuai dengan tujuan hidup anda?
  6. Bersiaplah untuk memulai. Apakah anda memiliki semua alat yang harus anda mempunyai?
  7. Bayangkan kesuksesan anda. Pertahankan cara berfikir positif tentang pencapaian tujuan anda.
  8. Visualisasikan tujuan anda. Bayangkan apa yang akan anda lihat, apa yang akan anda dengar, dan apa yang akan anda rasakan ketika anda mencapai tujuan anda, gunakan semua indera anda.

Untuk mempermudah goal setting anda, ada sebuah cara atau aturan yang bisa anda ikuti yaitu SMART rule, yang akan saya bahas di artikel berikutinya.

Jika anda seorang pemimpin ditempat bekerja anda, ini adalah 5 strategi kepemimpinan yang bisa anda ikuti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *