Blog

Etika Kepemimpinan

Etika-Kepemimpinan

Etika kepemimpinan adalah sejumlah sifat-sifat utama yang harus dimiliki seorang pemimpin agar kepemimpinannya dapat efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Etika kepemimpinan adalah perilaku berstandar normatif berupa nilai-nilai moral, norma-norma, dan hal-hal yang baik-baik.

Adapun etika dalam kepemimpinan yakni :

  • Menjaga perasaan orang lain
  • Memecahan masalah dengan rendah hati
  • Menghindari pemaksaan kehendak tetapi menghargai pendapat orang lain
  • Mengutamakan dialog dalam memecahkan masalah
  • Menanggapi suatu masalah dengan cepat dan sesuai dengan keahlian
  • Menyadari kesalahan dan berusaha untuk memperbaiki serta mengedepankan sikap jujur, disiplin, dan dapat dipercaya.

Sebaga artikel mendukung, saya share tautan mengenai Arti Kepemimpinan.

Pada dasarnya upaya menerapkan prinsip-prinsip etika dalam kepemimpinan bukanlah suatu hal yang mudah. Untuk kebutuhan itu, diperlukan suatu kesamaan persepsi untuk apa organisasi dijalankan. Dalam arti diperlukan suatu komitmen para pelaku organisasi menyamakan langkah tindak untuk mewujudkan tujuan organisasi.

Satu hal lain yang juga penting adalah pemberlakuan sanksi yang dapat dijadikan sebagai dasar bagi proses pembelajaran atas kesalahan yang diperbuat pelaku organisasi. Sanksi dapat diberlakukan tanpa harus adanya diskriminasi.

Oleh karena itu setiap organisasi hendaknya mempunyai ´kode etik organisasi´ yang berfungsi sebagai alat pengendalian atau pengawasan organisasi. Kode etik organisasi dan perencanaan strategis organisasi dapat dijadikan sebagai pedoman oleh majelis pertimbangan organisasi mengawasi jalannya roda organisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *