Blog

Cost Of Delay

Cost of Delay

Cost of delay apa itu? Faktor utama penyebab kegagalan adalah penundaan. Setiap penundaan memiliki kerugian. Ada biaya keterlambatan yang harus dibayar atas pilihan menunda.

MENUNDA KEBAIKAN
Seringkali yang kita tunda justru hal-hal yang baik. Menunda sukses, menunda memberi, menunda mencintai, menunda bahagia, menunda hebat, menunda amal baik… Hingga tersadar ketika semua sudah terlambat!

Dan biaya keterlambatan yang harus kita bayar bernama:
– Terlambat sukses
– Terlambat bahagia
– Terlambat lebih baik 
– dll
Dalam bisnis, ini adalah tentang menunda revenue – menunda profit.

MENGAPA MENUNDA
Apa yang membuat orang menunda adalah karena:

1. “BAGAIMANA KALAU” 
Ketakutannya lebih besar daripada tujuannya. Menetapkan pilihan untuk segera dilakukan akan lebih mempercepat datangnya kobsekuensi pilihan tersebut. Jadi kalau ditunda, maka konsekuensinya diharapkan datang lebih lama atau kah menghilang.

2. “GAMPANG” 
Kenyamanannya lebih besar dari tujuannya. Meremehkan karena mudah baginya. “Nanti saja, toh nanti juga bisa, cepet kok!” Selalu begitu. Kalau waktu itu segala sesuatu langsung dilakukan, berapa banyak pencapaian yang telah kamu dapatkan sekarang?

3. “MENUNGGU WAKTU YANG TEPAT”
Keamanannya lebih besar dari tujuannya. Padahal anda tahu tidak pernah akan ada waktu yang tepat. Setiap waktu memiliki tantangan dan peluang yang berbeda. Menunda adalah menghilangkan kekuatan kesempatan di setiap waktunya.

YANG PALING PENTING ADALAH:
Waktu bukan milik kita. Bila waktunya tiba, kamu tidak akan bisa mengelaknya. Harus “pulang” siap atau kah tidak, mau atau kah tidak dan cukup bekal amalan atau kah tidak!

Jadi dalam pelajaran ini, lakukan yang perlu dilakukan segera. Seperti membaca tentang Kepemimpinan Transformasional disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *