Cara Pemimpin mengatasi stress

Cara Pemimpin mengatasi stress.
Tidak bisa dipungkiri bahwa tugas dan tanggung jawab seorang pemimpin membawa salah satu konsekuensi, yaitu stress. Menghadapi pimpinan dan team dengan tuntutan dan kebutuhan yang berbeda bukanlah sebuah hal yang ringan.  Keterbatasan waktu dibandingkan dengan muatan tugas, tantangan pekerjaan dan uniknya permasalahan menjadi tambahan beban pikiran seorang pemimpin.

Cara Pemimpin Mengatasi Stress
Cara Pemimpin Mengatasi Stress

Stress berbeda arti bagi orang yang berbeda. Dengan kata lain stress adalah bersifat pribadi tidak bisa disama ratakan.  Bukan stres yang mempengaruhi kesehatan anda tetapi pikiran anda tentang stress yang menganggu, itulah yang membuat kesehatan anda terganggu.

Pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang mampu menangani stress secara sehat. Berikut adalah tips untuk cara mengatasi stres dengan baik;

 

  1. Reorganize; Bertumpuknya pekerjaan dan tumpang tindihnya tugas adalah pemicu datangnya stres. Permasalahan yang bertumpuk tersebut membuat anda sulit untuk melihat jalan keluarnya, sehingga seolah-olah anda merasa terjebak dalam lingkaran yang berujung. Mulailah untuk disiplin dan hidup teratur. Baik dalam sisi personal dan professional. Menyusun, mengelompokkan dan menata ulang semua tugas dan tanggung jawab anda. Mengatur strategi bagaimana menyelesaikannya, termasuk bagaimana mendelegasikan pada team, membuka pikiran untuk masukan orang lain, mau rendah hati untuk meminta dukungan adalah langkah yang bisa anda ambil untuk menyelesaikannya. Semakin anda kerjakan dan pikirkan sendiri, maka semakin sulit dan berat permasalahannya. Tenang dan fokus, pasti anda bisa melalui semua kesulitan ini.

 

Ikuti program training kami High Impact Trainer dengan klik disini.

 

  1. Rethink; Bukan tentang kejadian ata keadaan yang membuat anda stress dan tertekan, melainkan tentang bagaimana cara anda memandang kejadian dan keadaan. Bila kita melihat tekanan sebagai tantangan, maka kita akan bergerak untuk mencari cara jalan keluarnya. Bila kita melihat bahwa kesulitan/kesalahan akan mengajarkan kita untuk menjadi kuat dan besar, maka kita akan memaknai kesulitan/kesalahan sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang kearah yang lebih baik.

 

  1. Rebalance: Dalam hidup, kita memiliki banyak sisi yang harus kita perhatikan dan jaga. Seperti misalnya area keluarga, keagamaan, pertemanan, olah raga, hobi dan lain sebagainya. Karena tuntutan pekerjaaan, kita sering lupa akan area kehidupan kita yang lain dan mencurahkan sebagian besar waktu untuk pekerjaan. Bahkan seringkali kita membawa pulang pekerjaan, baik itu pekerjaan yang nyata atau pikiran tentang pekerjaan yang terbawa pulang ke rumah. Mulailah untuk disiplin dalam mengelola waktu dan menerapkan prioritas waktu untuk hidup anda. Apabila anda memiliki banyak aktifitas maka pikiran andapun akan bervariasi tidak terpaku pada satu hal saja. Kembali menyeimbangkan kehidupan anda adalah cara bijaksana untuk memberikan ruang dan kelegaan untuk diri anda sendiri.

 

Semoga 3 cara Pemimpin mengatasi stress ini bisa membantu anda. Stress adalah sebuah pemicu untuk maju dan berkembang apabila kita benar dalam memaknainya. Bukankah seringkali tekanan dan kesulitan yang membuat orang menjadi kuat dan besar? Mulailah untuk berpikir sehat atas apapun yang anda alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *