Bagaimana Pemimpin menciptakan Supportive Environment

Bagaimana Pemimpin menciptakan Supportive Environment?

Pemimpin menciptakan Supportive Environment
Pemimpin menciptakan Supportive Environment

Perubahan yang terjadi pada dunia bisnis saat ini berkembang sedemikian cepat. Motivasi kepada team bukan lagi hanya sekedar kata-kata penguatan. Perubahan yang terjadi begitu cepat telah menciptakan tuntutan dan tekanan kerja yang bisa membuat pemimpin kewalahan. Pemimpin sering kali tidak tahu apa yang harus dilakukan oleh teamnya, atau memberikan gambaran apa yang harus dihadapi. Bagaimana hal itu muncul dalam keseharian kepemimpinanya adalah dengan bagaimana pemimpin melakukan hal yang sama terus menerus dan berharap dapat menciptakan hasil yang berbeda.

Inspiring leaders harus selalu berfikir positif  dan mampu merangkul perubahan dengan lebih fokus untuk mengembangkan kekuatan, kelebihan dan ide yang dimiliki team secara maksimal. Untuk itulah leaders harus bisa menciptakan suatu situasi yang kondusif dan suportif sehingga bisa menjadi lahan yang subur bagi kreatifitas dan kontribusi team yang dimpimpinnya.

Berikut adalah cara yang bisa anda gunakan untuk dapat menciptakan situasi dan konsidi yang kondusif tersebut;

  1. Membangun rasa percaya dan saling menghargai; team akan memberikan kotribusi dan performa terbaik apabila dia merasa dihargai dan dipercayai. Melibatkan team dalam pengambilan keputusan, mendorong kreatifitas mereka untuk mencari terobosan cara kerja yang lebih efektif dan juga menggerakkan inisiatif atau ide baru, akan membuat mereka bersemangat dan bekerja secara maksimal.
  2. Membuka jalur komunikasi; Adalah hal yang sangat penting dimana setiap individu dalam team dapat berkomunikasi secara terbuka, jujur dan saling menghormati. Mendorong team untuk mau menyampaikan apa yang dirasakan dan dipikirkan tanpa takut dihakimi dan disalahkan adalah hal utama yang harus dilakukan. Adalah tugas anda untuk mencari jalan secara kreatif dimana mereka bisa menyampaikan pendapat satu sama lain dan mengembangkan secara konsisten ke arah yang lebih baik.

Program training kami yaitu Effective Communication & Interpersonal Skill bisa membantu team anda agar jalur komunikasinya terbuka.

  1. Menciptakan rasa aman; Apakah team anda merasa nyaman menyampaikan kepada anda sebagi pemimpinnya tentang berita buruk sebagaimana mereka menyampaikan berita baik? Ataukah team anda banyak menyembunyikan kesalahan yang mereka lakukan terhadap anda? Adalah saat bagi anda untuk melakukan instrospeksi atas kepemimpinan anda, bila team yang anda pimpin takut dan tidak terbuka atas hal yang buruk atau kesalahan. Anda harus belajar untuk membuat mereka merasa aman saat melakukan kesalahan. Kesalahan adalah saat yang tepat untuk sebuah pembelajaran. Saat mereka belajar dari kesalahan dan menjadi lebih baik karena dukungan dan bimbingan yang anda berikan maka mereka akan sangat menghargainya dan akan menjadi lebih baik karenanya.

Itulah 3 hal penting mengenai Pemimpin menciptakan Supportive Environment.
Dikatakan bahwa hanya team yang merasa aman, berfikir positif dan senang yang bisa menciptakan hal luar biasa dalam performanya. Memberikan fasilitas dan dukungan untuk team bisa bekerja lebih baik adalah fokus anda sebagai pemimpin, hanya bila anda menginginkan team yang anda pimpin sukses mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *