Bagaimana Pemimpin Membangun Sikap Positif dalam Team

Bagaimana Pemimpin Membangun Sikap Positif dalam Team?
Bila anda menjaga cara pandang dan sikap positif, serta secara konsisten terus memberikan yang terbaik, pasti anda akan dapat menyelesaikan permasalahan saat ini dan siap untuk tantangan yang lebih besar lagi di kemudian hari.

Bagaimana Pemimpin Membangun Sikap Positif
Bagaimana Pemimpin Membangun Sikap Positif

Pemimpin tentunya ingin memimpin teamnya menuju pencapaian hasil terbaik dengan menjaga fokus pada hal positif yang dilakukan daripada hanya sekedar mencari kesalahan. Sebagian besar manager melakukan kesalahan yang sama yaitu melakukan penekanan negatif, memperbaiki kesalahan dan bukannya melakukan penekanan positif, yaitu menghargai pencapaian performa dan prestasi kerja. Penekanan positif akan memberikan dampak positif yang mengagumkan. Dampak itu adalah meningkatnya tindakan dan sikap positif serta menciptakan perasaan yang menyenangkan bagi individu dalam team.

Berikut adalah cara dan tips yang bisa anda gunakan untuk membangun team yang memiliki sikap, perilaku dan cara berpikir positif;

 

  1. Menentukan standar tinggi untuk kemampuan team.

Bila anda yakin bahwa team anda bisa mencapai hasil yang terbaik, maka pada saat yang sama mereka juga akan percaya bahwa mereka bisa. Untuk bisa menciptakan hasil yang terbaik maka mereka harus memberikan terbaik yang bisa mereka lakukan. Terbaik adalah tentang totalitas 100% setiap saat. Hanya karena mereka belum mencapai yang terbaik bukan berarti mereka tidak bisa memberikan yang terbaik. Jangan pernah sekali-sekali menurunkan standar. Setiap saat anda fokus pada hal yang terbaik, maka teampun akan melakukan hal yang sama.

Program training kami berjudul How To Achieve Excellence ini bisa membantu team anda menentukan standar tinggi.

  1. Menghargai dan percaya bahwa team telah melakukan yang terbaik.

Bila anda kecewa saat mereka gagal atau kesal saat mereka salah, maka pada saat yang sama anda telah menghancurkan bangunan kepercayaan dalam team. Pada saat mereka gagal dan salah adalah saat untuk terbuka dan belajar. Belajar memperbaiki diri adalah tentang membuka peluang dan cara pandang untuk kemungkinan baru yang bisa dikembangkan dan ditingkatkan. Meskipun demikian anda sebagai pemimpin tidak boleh cepat puas dan jalan ditempat. Menghargai usaha dan kontribusi team adalah langkah awal. Selanjutnya adalah bagaimana meningkatkan dan mengembangkan.

 

  1. Melatih dan mengarahkan

Pada saat mereka merasa sudah melakukan yang terbaik, itu adalah tentang bagaimana mereka melihat kemampuan dalam level yang dimilikinya. Tugas anda sebagai pemimpin adalah membawa mereka ke level yang lebih tinggi, yaitu dengan melatih dan memberikan bimbingan yang dibutuhkan. Latihan yang reguler akan mengembangkan sikap positif dan percaya diri. Ini disebabkan karena mereka telah memiliki skill dan kompetensi yang dibutuhkan untuk bisa menyelesaikan tantangan yang dihadapi.

 

Inilah 3 hal mengenai bagaimana pemimpin membangun sikap positif dalam team.
Tidak ada orang yang senang melakukan pekerjaan yang buruk, semua orang senang apabila mampu bekerja dengan baik. Oleh karena itu jangan ragu untuk menghargai pekerjaan team kapanpun anda melihatnya. Sikap, perilaku dan cara berpikir positif itu dibangun demikian juga sebaliknya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *