Blog

5 Cara Mengekspresikan Diri

5 cara mengekspresikan diri

5 Cara Mengekspresikan Diri. Terkadang, orang lain mengekspresikan diri mereka dengan lebih baik dan lebih mudah diingat daripada anda. Namun untuk mengatasi hal ini, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kekuatan kata-kata anda.
Dibawah ini adalah 5 cara mengekspresikan diri yang bisa anda ikuti:

1) Setiap Kata Itu Penting

Untuk seorang komunikator yang sangat baik, tidak ada yang disebut obrolan kosong. Setiap pembicaraan memiliki tujuan, apakah itu mempererat persahabatan, menyampaikan visi, atau membujuk orang lain. Beberapa orang secara alami berbakat dengan kemampuan mereka untuk mengekspresikan diri, tetapi jika anda tidak memiliki bakat ini, anda dapat meningkatkan cara berekspresi anda dengan:

  • Memilih kata-kata anda dengan hati-hati
  • Menjaga agar tetap jelas dan ringkas
  • Menjadikannya nyata
  • Menarik untuk disimak
  • Menceritakan seluruh cerita

2) Pilih Kata-kata Anda Dengan Hati-hati

Kecuali anda memiliki bakat untuk pidato spontan, pikirkan tentang apa yang ingin anda katakan sebelum anda diminta untuk mengatakannya. Pilih bahasa yang cocok dengan audiens anda. Terlalu banyak pebisnis menggunakan bahasa yang rumit, mereka berpikir itu terdengar lebih baik, namun tidak.
Latihlah kemampuan berbicara anda dengan keras, dan bayangkan bahwa anda sedang berbicara dengan teman.
Apakah anda menggunakan kata-kata yang biasa anda gunakan?
Bisakah anda menjelaskan maksud anda dengan menggunakan kata-kata yang lebih sederhana?

3) Jadikan itu Nyata

Buatlah orang mudah memahami apa yang anda maksud. Jadikan itu nyata dengan membuat referensi ke pengalaman nyata anda, membuat skenario, dan menggunakan perumpamaan dan metafora untuk menyampaikan maksud anda.

• Gunakan contoh-contoh nyata untuk mengingatkan audiens anda tentang pengalaman mereka, atau untuk menjelaskan bagaimana caranya tentang apa yang anda katakana, telah memengaruhi seseorang- “Ingat bagaimana perasaan anda terakhir kali saat job des anda diubah.”

• Buat skenario untuk mengilustrasikan maksud anda – “Jika kita mulai menjual produk ini secara online, kita akan menghemat banyak biaya untuk menjalankan gerai ritel ini.”

• Gunakan perumpamaan dan metafora untuk menunjukkan suatu pendapat secara konkret dengan membandingkan sesuatu dengan sesuatu yang lain.

4) Jujurlah Pada Dirimu Sendiri

Untuk banyak orang, mengakui memiliki emosi, kadang-kadang tampak seperti mempunyai kelemahan, sehingga orang sering menolak untuk mengakui perasaan mereka, seperti rasa tidak aman, kecemburuan, atau kegugupan. Perhatikan baik-baik reaksi anda terhadap peristiwa, tantangan, dan orang lain.
Pastikan bahwa anda jujur ​​pada diri sendiri tentang sifat dan kedalaman emosi anda.

5) Ceritakan Kisahnya Secara Utuh

Menjadi jujur dengan perasaan anda dapat membuat pengamatan anda jauh lebih menarik. Dan itupun bisa mendorong orang lain untuk bertindak atas masukan anda. Dengan memasukkan informasi tentang apa yang anda rasakan, dan apa yang anda inginkan, ketika anda membuat pernyataan, anda dapat menciptakan kembali perasaan itu dalam benak orang-orang yang anda ajak bicara. Pada akhirnya, menjadi jujur akan memberi hasil yang memuaskan dalam cara mengekspresikan diri. Salah satu kekuatan yang harus dimiliki juga adalah Mendengar dengan baik; klik tautan ini untuk membaca penjelasannya.

Sebagai penutup dari 5 cara mengekspresikan diri, tip ini bisa membantu anda:
Pikirkan bagaimana anda akan menjelaskan suatu masalah kepada seseorang yang tidak memiliki pengalaman tentang persoalan anda. Jika anda bisa membuatnya jelas baginya, harus jelas untuk semua orang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *