Blog

4 Cara Mengatasi Masalah Hidup

Setiap masalah memiliki struktur tiga bagian, yang memberi anda tiga cara untuk mengatasinya: mengubah situasi, mengubah cara anda mengartikannya, atau mengubah respons anda terhadapnya. Bahkan jika yang pertama tidak mungkin, dua cara lainnya bisa anda gunakan.

Tetap Befikir Positif

Terkadang upaya pikiran anda untuk memecahkan masalah sebenarnya justru membantu menjaga masalah tetap ada. Misalnya, seseorang yang telah menderita putus hubungan yang buruk dapat menemukan dirinya menarik kembali secara emosional, ketika pasangan mereka menjadi terlalu serius. Ini bisa mengakibatkan hubungan putus – hal yang mereka coba hindari. Mencoba memecahkan masalah dengan terus-menerus membalikkannya dalam pikiran anda, dapat menanamkannya lebih dalam. Pendekatan “fokus kepada solusi” dalam terapi menyarankan metode yang berbeda: jika anda memusatkan focus anda pada seperti apa hidup anda, jika masalahnya telah dipecahkan, anda akan lebih cenderung berpikir dan bertindak dengan cara yang positif.

Fokus pada Solusi

Jika anda membiarkan masalah menjadi bagian terbesar dalam pikiran anda, anda hampir tidak dapat melihat solusinya; caranya adalah dengan membalikkan cara berfikir anda, dengan focus kepada solusi.

Keluar dari Kebiasaan

Kadang-kadang anda dapat menemukan diri anda masih berputar-putar dalam masalah, merasa tidak bersemangat, dan mengatakan pada diri sendiri bahwa tidak ada yang perlu di usahakan. Jika anda pernah berada dalam kebiasaan semacam itu, berikut adalah beberapa cara yang telah dicoba dan diuji untuk mengeluarkan diri anda dari kebiasaan ini.

Berolahraga: penelitian menunjukkan bahwa olahraga berat secara teratur menghasilkan bahan kimia otak yang memiliki efek membuat kita merasa baik.

Rencanakan hal-hal yang dinanti-nanti: ingatlah untuk selalu membuat jadwal kegiatan, bahkan ketika anda sibuk, untuk menghindari sindrom “akhir pekan tanpa rencana”.

Berhentikan pola yang berulang-ulang: jika anda terjebak dalam pola yang sudah anda kenal, dan yang bisa mempengaruhi energi anda, hentikan dengan melakukan sesuatu yang berbeda. Anda bisa dapat beberapa ide dengan bertanya pada diri sendiri:

-> Apa yang akan dilakukan oleh karakter TV favorit saya?

-> Apa hal yang paling tidak biasa yang bisa saya lakukan?

-> Apa yang akan disarankan teman yang perduli kepada saya untuk saya lakukan?

Gunakan Pertanyaan “Keajaiban” ini

Jadi, apa pun masalah yang anda coba selesaikan, tanyakan pada diri sendiri pertanyaan ini: “Jika sebuah keajaiban terjadi malam ini ketika saya sedang tidur, lalu masalahnya selesai, apa yang akan memberitahu saya bahwa masalahnya telah selesai, ketika saya bangun besok pagi?”
Pikirkan jawabannya, berikan waktu yang cukup, dan masuki sedetail mungkin solusi-solusi apa saja yang bisa digunakan, dan bagaimana solusi-solusi itu akan mengubah pikiran anda. Sebuah pertanyaan cadangan pendukung yang baik untuk membuat anda berpikir tentang bagaimana anda akan berperilaku berbeda adalah: “Bagaimana orang lain di sekitar saya dapat mengatakan bahwa keajaiban ini telah terjadi?”

Inilah 4 cara mengatasi masalah hidup anda. And bisa jug abaca tentang “Fokus pada apa yang anda inginkan” dengan klik tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *